Selasa, 23 Juli 2013

UAS TIK 0120110062 NONOK ROKAYAH PAI/TARBIYAH



1.      1. Konsep Dasar TIK
Dalam materi pembekalan Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi ada 3 (tiga) konsep yang harus dipahami dengan benar sehingga dalam prakteknya tidak terjadi kekeliruan. Ketiga konsep tersebut adalah sebagai berikut:
a. Konsep Teknologi
 Dalam konsep teknologi ini ada 3 bentuk yang bisa dipahami, yaitu
Teknologi sebagai Ide, yaitu teknologi yang ada dalam pikiran dalam bentuk ide-ideketika memikirkan, merasakan akan melakukan sesuatu.
Teknologi sebagai Proses Rancang Bangun, yaitu teknologi yang terlihat ketika kitamelakukan atau mengerjakan sesuatu proses yang dipikirkan sebelumnya.
Teknologi sebagai Produk Rancang Bangun, yaitu teknologi sebagai hasil dari prosespengerjaan sesuatu, bisanya dalam bentuk alat, benda-benda tertentu, prosedur-prosedurterntentu, atau biasanya dikelompokan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak.
b. Konsep Informasi.
 Informasi adalah sekumpulan atau serangkaian data yang telah mengalami pengolahan danmemiliki arti serta siap untuk dipakai, misalnya untuk pengambilan keputusan atau untuk menjelaskan sesuatu kepada orang lain.
c. Konsep Komunikasi
 Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan, baik yangdilakukan oleh satu orang, atau antara satu seseorang dengan orang lain dengan menggunakan media atau tanpa menggunakan media
2.      TIK Berasis Komputer
Pembelajaran Berbasis Komputer merupakan program pembelajaran yang  digunakan   dalam  proses  pembelajaran dengan  menggunakan software   komputer   (CD  pembelajaran)  berupa    program   komputer yang  berisi  tentang judul, tujuan,  materi  pembelajaran, dan  evaluasi Sistem komputer  dapat menyampaikan  pembelajaran secara individual  dan  langsung  kepada  para  siswa dengan cara  berinteraksi dengan mata pelajaran  yang diprogramkan  ke dalam sistem komputer, Inilah yang disebut dengan Pembelajaran Berbasis Komputer.

Melalui sistem komputer  kegiatan  pembelajaran dilakukan secara tuntas  (mastery learning), maka guru  dapat  melatih  siswa secara  terus menerus  sampai   mencapai   ketuntasan   dalam   belajar.  Latihan  yang diberikan  guru  dimaksudkan  untuk  melatih  keterampilan  siswa dalam berinteraksi  dengan materi pelajaran  dengan menggunakan komputer terutama dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan. Dalam latihan, siswa dibiasakan untuk menggunakan komputer seoptimal mungkin dan membentuk kebiasaan  yang  dapat  memperkuat daya  tanggap siswa terhadap materi pelajaran yang diterimanya. Hal ini dikarenakan dengan melalui Pembelajaran  Berbasis Komputer, siswa akan secara cepat dapat memperoleh penguasaan dan keterampilan yang diharapkan.

3.      Manfaat Internet untuk menunjang Pembelajaran
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu a. sebagai media interpersonal dan massa, b. bersifat interaktif, c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron. Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvension.
Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metode talk dan chalk,dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list.
Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan non formal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :
- arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;
- kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
- aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
- daya tampung meningkat,
- adanya standardisasi pembelajaran,
- meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas. Berdasarkan uraian di atas,   dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat sebagai pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
4. Posisi TIK dalam Pembelajaran
Saat ini perkembangan teknologi informasi (TI) telah memberikan penga-ruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menu-rut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TI ada lima perge-seran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, dan (5) dari waktu siklus ke waktu nyata.
Teknologi informasi dan komunikasi di sekolah memadukan kedua un-sur teknologi informasi dan teknologi komunikasi menjadi teknologi informa-si dan komunikasi dengan tujuan siswa memiliki kompetensi untuk meman-faatkan teknologi informasi sebagai perangkat keras dan perangkat lunak un-tuk mengolah, menganalisis dan mentransmisikan data dengan memperhatikan dan memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memperlancar komunikasi dan produk teknologi informasi yang dihasilkan bermanfaat sebagai alat dan bahan komunikasi yang baik. Salah satu contoh teknologi informasi dan ko-munikasi berbasis e- learning adalah penggunaan media internet.
Teknologi informasi menekankan pada pelaksanaan dan pemprosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memani-pulasi atau menampilkan data dengan menggunakan perangkat-perangkat tek-nologi elektronik terutama komputer. Makna teknologi informasi tersebut be-lum menggambarkan secara langsung kaitannya dengan sistem komunikasi, namun lebih pada pengolahan data dan informasi. Teknologi komunikasi me-nekankan pada penggunaan perangkat teknologi elektronika yang lebih mene-kankan pada aspek ketercapaian tujuan dalam proses komunikasi sehingga data dan informasi yang diolah dengan teknologi informasi harus memenuhi kriteria komunikasi yang efektif.
Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa akan memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan meng-gunakan komputer atau internet. Model yang sangat populer di abad ini ada-lah e-learning. E-learning adalah model pembelajaran melalui penggunaan teknologi internet.
5.    Pemahaman Tentang TIK
Istilah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah sering digunakan di dalamkehidupan sehari-hari termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Sekalipun sudah seringdigunakan, namun tampaknya masih terjadi pemahaman yang berbeda mengenai istilahTIK. Bahkan ada sebagian orang yang agak berlebihan pemahamannya, yaitu yangmengidentikkan TIK itu dengan komputer atau internet saja. Akibatnya, setiap adapembicaraan mengenai TIK, maka yang terlintas di dalam pemikiran yang bersangkutanadalah komputer atau internet.
Sumber Materi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar